FUNGSI KESENIAN DEBUS

 Pada masa awal nya kesenian debus mempunyai peranan yang sangat penting didalam pembentukannya sangat penting pada masa prajurit prajurit dahulu pada saat menghadapi Belanda pada masa abad ke enam belas. Pada masa itu kesenian bedus bukanlah kesenian yang dapat diliat oleh umum karena mungkin kesenian debus itu bisa dibilang hanya boleh dilakukan oleh orang yang profesional saja karena pada zaman dahulu yang bisa melakukan hanyalah prajurit dan sultan untuk menambah semangat keyakinan dan kekebalan para prajurit.  Jadi bisa dibilang hanya cenderung dalam kesenian beladiri seperti yang bisa disebut sekarang pencak silat dewasa.  Banyakan yang mempelajari kesenian debus itu kepada syeh yang terdapat ruangan khusus yang orang lain tidak dapat melihatnya yang diperbolehkan hanyalah para prajurit,  atauapun para pemuda yang akan melakukan pertempuran melawan tentara Belanda yang sedang berada pada daerah banten. Fungsi kesenian debus adalah sebagai salah satu prasarana untuk membimbing seluruh rakyat yang akan menghadapi Belanda menurut syeh itu cukup berhasil dan ada juga manfaat nya yaitu dengan perkembangan jaman yang sekarang dan sejarah kesenian debus sekarang.
Dalam perkembangannya kesenian debus ini mengalami banyak perubahan dengan menandakan adanya kehidupan pada kesenian debus ini karena pada dahulu tidak banyak orang yang ingin mempelajari kesenian debus malah hanya orang orang prajurit sajah yang mau mempelajari kesenian debus. 
Fungsi kesenian debus :
1. Debus merupakan suatu bentuk permainan kekebalan yang dilakukan seseorang terhadap benda tajam.
2. Sebagai pelengkap ciri khas upacara adat
3. Sebagai sarana hiburan
Fungsi lama dan baru ini bisa dikaji kembali oleh masyarakat, kira kira mana yang bertaut dengan kehidupan pada masa kini. Kemungkinan semua fungsi tadi masih dapat mengambil tempat yang dihubungkan dengan semua konteks pendidikan dewasa ini yang menghendaki landasan akal serta moral.
Berbicara banyak tentang kesenian debus maka kita tidak dapat melepaskan kedudukan dari para pelakunya yang sering terseret ke dalam perubahan Apabila memang fungsi dari kesenian tadi berubah. Dikalangan masyarakat kedudukan yang lama dan pernah dimiliki oleh seorang pelaku dari kesenian.
Saya pernah membaca artikel dari seorang pembuat artikel disitu dia berkata bahwa dia tidak pernah malu menjadi pemain debus karena dia suka sejak kecil jadi dia tidak pernah perduli akan semua omongan orang orang yang lain terhadap kesenian debus itu. Jadi dapat kita simpulkan bahwa kesenian debus bisa dibilang kesenian yang unik dan hanya sedikit orang yang mau mempelajari kesenian itu karena mungkin sebagian masyarakat tidak mau mempelajari karena mereka takut melakukannya karena bisa dibilang kesenian debus itu kesenian yang mempunyai resiko yang bisa dibilang tinggi jika yang melakukan tidak benar dan serius melakukannya dan bisa terjadi kecelakaan.

0 Response to "FUNGSI KESENIAN DEBUS"

Posting Komentar